Cara Buka Blokir ATM BNI Tanpa Ke Bank



Cerita Singkat Pengalaman

 Kalian pernah lupa PIN kartu debet yang juga digunakan sekaligus sebagai PIN kartu ATM? Tenang saya juga pernah mengalaminya.

Ceritanya secara singkat berawal dari ketika saya menggunakan mesin ATM untuk pertama kali karena ingin tarik tunai. Selama ini saya hanya melakukan pembayaran melalui mobile banking aplikasi BNI. Konyolnya, saat tarik tunai saya memakai Mobile PIN untuk login ke aplikasi mobile banking. Saya lupa kartu ATM juga punya PIN-nya sendiri, yang sudah kita tentukan sendiri saat pembuatan rekening di bank. Saya benar-benar lupa momen ketika petugas bank menyuruh saya untuk menekan beberapa digit kode PIN yang saya inginkan. Saya bahkan berpikir mungkin saja saat itu tombol ATM-nya glitch atau semacamnya sehingga respon tombol yang saya pencet tidak sesuai, konyol memang.


Akhirnya ATM saya terblokir, padahal disana sudah jelas peringatan bahwa ATM akan diblokir setelah melakukan kesalahan 3 kali dan harus melapor ke kantor bank BNI terdekat untuk membuka blokir tersebut.


Telpon Call Center BNI (1500046)

Saya coba browsing dan mencari cara untuk solusinya. Memang di mesin ATM tadi sudah jelas bahwa kita perlu ke bank secara langsung dan memang merepotkan, tentunya karena biasanya di bank antrinya lama. Tapi saya optimis Google akan menawarkan solusi yang lebih mudah.


Solusinya ternyata kita cukup menelpon langsung call center BNI di 1500046. Sebelumnya pastikan kalian memiliki pulsa yang cukup! Sebagai gambaran, waktu itu saya berbicara dengan CS BNI sekitar 3 menit menggunakan operator Tri, pulsa saya yang terpakai sekitar 5 ribu.

Selanjutnya ikuti saja instruksi otomatis dengan menekan angka tertentu untuk terhubung dengan CS. Kita akan ditanyai berbagai data sesuai dengan data yang kita ajukan saat pembukaan rekening. Selain nomor kartu debet/ATM, selainnya saya ingat data-data yang ditanyakan diluar kepala.


Kesempatan Buka Blokir hanya Satu Kali

Perlu ditegaskan, CS tidak bisa memberitahu PIN dari kartu ATM kita. Mereka hanya bisa membuka blokir kartu ATM satu kali dengan harapan kita telah ingat nomor PIN ATM kita yang benar.

Setelahnya apabila kita masih melakukan kesalahan, jangan biarkan ATM kita kembali terblokir ketika telah salah input PIN 2 kali! Sesuai anjuran CS BNI saat itu, kita harus segera ke kantor cabang BNI terdekat untuk melapor dan mengganti PIN. Mungkin saja kita perlu membuat kartu ATM baru dengan dikenakan biaya tentunya.

Kesimpulan

1. Apabila kartu ATM BNI terblokir karena salah memasukkan PIN 3 kali, telpon CS BNI di 1500046. Pastikan pulsa cukup untuk melakukan panggilan.
2. Kita akan diminta verifikasi data, jawab sesuai data yang diajukan saat pembukaan rekening.
3. CS akan membuka blokir apabila data telah terverifikasi.
4. Kesempatan buka blokir melalui CS hanya 1 kali.
5. Apabila masih salah ketika memasukkan PIN, jangan biarkan ATM kembali terblokir dengan kesalahan input lebih dari 2 kali!
6. Segera ke kantor bank BNI terdekat untuk lapor dan  mengganti PIN (dan mungkin kartu ATM).

Mungkin apabila kalian punya masalah yang sama tetapi dari bank yang berbeda seperti BRI, Mandiri, dan lain-lain, kalian hanya perlu mencari nomor CS bank-bank tersebut dengan solusi lanjutan yang kurang lebih sama seperti yang saya alami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kronologis Peristiwa Yogya Kembali

Pesawat Air Asia QZ 8501 Surabaya-Singapura Dilaporkan Hilang

Sedikit Info Tentang Kalimantan Selatan