10 Tips Menghemat Penggunaan Paket Data atau Kuota HP Android



Andoid memang sangat boros dengan yang namanya kuota. Mungkin kuota 100 MB biasanya habis dalam jangka waktu 1 hari, boros bangetkan? Gak juga sih, semuanya tergantung pemakaian dari si pengguna. Oleh karena itu, menghemat data/kuota dirasa perlu.

Terus bagaimana caranya supaya pemakaian kuota menjadi lebih efisien? Berikut beberapa tips yang semoga dapat membantu.


1. Matikan izin "Data Latar Belakang"

Mungkin menu ini sudah tidak ada lagi untuk android versi 4 ke atas, tapi untuk pengguna versi  4 ke bawah mungkin akan sangat penting. Menu ini terdapat pada pengaturan > sinkronasi dan akun > data latar belakang.

Kegunaan dari menu ini adalah untuk mencegah aplikasi untuk terkoneksi dengan internet sebelum kita buka/gunakan. Alhasil, kita tidak dapat menerima pemberitahuan dari beberapa aplikasi seperti; Facebok, Twitter, Play Store, Whatsapp, dan lain-lain. Tapi beberapa aplikasi tetap dapat terkoneksi dengan latar belakang walau izin ini sudah kita matikan seperti aplikasi cuaca. Ini juga dapat menghemat baterai lho!

2. Mematikan Koneksi Internet Saat Sedang Tidak Digunakan

    


Android sewaktu-waktu masih bisa menstransfer data walau sedang kita tidak gunakan tetapi internet masih dalam keadaan aktif! Jadi matikan koneksi internet kalau tidak perlu! Ini juga dapat menghemat baterai lho!

3. Mematikan Sinkronasi Otomatis atau Atur Waktu Sinkronasi dengan Jarak Waktu yang Lama

Menunya ada di pengaturan > sinkronasi dan akun, biasanya berbeda di setiap versi android terutama versi 4 ke atas. Nah, sinkronasi ini berguna untuk merefresh aplikasi seperti email untuk mengecek apakah ada pemberitahuan baru yang masuk. Ini sangat banyak dalam menguras kuota apa lagi di atur dalam rentang waktu yang singkat seperti 15 menit. Matikanlah fungsi ini atau atur rentang waktu sinkronasi menjadi lebih lama. Ini juga menghemat baterai!

4. Mengaktifkan Peringatan Penggunaan Data

Fitur ini hanya tersedia untuk android versi 4 ke atas, yaitu ada di menu pengaturan > penggunaan data. Disitu, aturlah batas peringatan pemakaian kuota. Misal anda mempunyai paket dengan kuota 100 MB, aturlah disana untuk peringatan misal 75 MB. Jadi, kalau sudah melewati 75 MB, maka akan muncul peringatan.
Fungsinya, agar anda lebih bijak dalam menggunakan paket data saat kuota internet hampir habis.

5. Aktifkan "Tampilan Seluler/Mobile View" aplikasi Browser

Mengaktifkan tampilan seluler di setiap aplikasi browser baik itu aplikasi factory atau user dapat menghemat kuota. Karena tampilan seluler artinya tampilan yang di khususkan untuk ponsel, otomatis kuota yang di gunakan juga lebih sedikit. Menu ini terdapat di setiap pengaturan di masing- masing app browser.

6. Log Out Aplikasi yang Diam-Diam menggunakan Data Latar Belakang

Untuk pengguna android versi 4 ke atas yang tidak mempunyai fitur untuk menonaktifkan data latar belakang mungkin ini solusinya untuk lebih menghemat kuota. Hanya log in ketika kita perlu untuk mencek sesuatu di aplikasi tersebut, repot juga sih.
Contoh aplikasi yang tetap mentransfer data walau sedang tidak di gunakan adalah : Facebook, Twitter, Google Maps. Gmail, aplikasi chatting, dan lain-lain.



7. Gunakan Aplikasi Browser yang dapat Mengkompresi Penggunakan Data saat Internetan


Contoh aplikasi yang dapat mengkompresi penggunaan data adalah Opera Mini, UC Browser Mini, dan lain-lain. Perbandingannya sangat jauh terhadap penggunaan data apabila kita menggunakan app browser tanpa kompresi dengan yang mempunyai fitur kompresi. 

Internetan juga jadi lebih cepat, coba bandingkanlah app browser dengan fitur kompresi dan nonkompresi dengan membuka sebuah situs yang sama.



8. Lebih Baik Sambungkan dengan WiFi Hotspot Gratis dari pada menggunakan Koneksi Internet dari HP Secara Langsung


         
Kalau dalam jangkauan sinyal WiFi Hotspot, ngapain di sia-siain? Ya kan? Di jamin kuota gak akan berkurang 0 KB pun (yaiyalah). Untuk menyambungkan Android anda dengan WiFi, untuk pengguna android versi 4 ke bawah menunya ada di pengaturan>nirkabel dan jaringan>WiFi. Dan untuk pengguna Android versi 4 ke atas langsung aja ke pengaturan>WiFi.

 
9. Gunakan Aplikasi Alternatif Social Media All in One

      

Setiap aplikasi resmi social media seperti Facebook di android sangat banyak dalam menguras kuota. Gunakanlah aplikasi alternatif dari media social seperti FB, Twitter, dan aplikasi chat lain yang dapat menggabung beberapa aplikasi social media jadi satu. Seperti; Seesmic, Buffer, dan Nimbuzz. Sehingga, penggunaan data jadi lebih hemat.

Jadi, itulah beberapa tips supaya kuota kita gak cepat habis. Terkesan pelit memang, tapi gak ada salahnyakan? Hemat ya, bukan pelit!

Ok, sekian postingan kali ini! Komentarnya ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kronologis Peristiwa Yogya Kembali

Pesawat Air Asia QZ 8501 Surabaya-Singapura Dilaporkan Hilang

Sedikit Info Tentang Kalimantan Selatan